Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional
Republik Indonesia

Biro Sumber Daya Manusia

Biro SDM

Sosialisasi aplikasi E-KINERJA dilingkungan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional

Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil, mengamanatkan bahwa Prinsip penilaian Kinerja PNS dilakukan secara objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan. Untuk mendukung hal tersebut, Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menginisiasi penerapan aplikasi e-Kinerja yang dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Nasional sebagai instrumen dalam penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP).

Sebagai langkah awal persiapan penerapan aplikasi e-Kinerja, Biro Sumber Daya Manusia Kemenristek/BRIN melaksanakan kegiatan Sosialisasi eKinerja pada tanggal 1 – 3 September 2020 bertempat di kawasan Puspiptek Serpong. Kegiatan ini menghadirkan seluruh unit kerja di Kemenristek/BRIN. Setiap unit kerja diwakili 3 orang pegawai yang nantinya diharapkan dapat mentransfer pengetahuan terkait eKinerja kepada rekan-rekan di unit kerjanya masing-masing.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Ari Hendrarto selaku Kepala Biro SDM, dalam pembukaannya beliau menyampaikan bahwa aplikasi eKinerja akan mulai diterapkan mulai Januari Tahun 2021 dan melalui aplikasi ini diharapkan kinerja pegawai dapat diukur dan terevaluasi secara rutin dan berkala. Dalam kesempatan ini Bapak Ari Hendrarto turut menyampaikan materi terkait pelaksanaan reformasi birokrasi (RB) di lingkungan Kemenristek/BRIN dan hal apa saja yang perlu disiapkan guna menghadapui evaluasi pelaksnaan RB oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) mendatangi Kemenristek untuk melakukan evaluasi kinerja. Menurutnya, Intisari sari RB antara lain; Adanya perubahan yang lebih baik dari yang jauh menjadi dekat, yang sulit menjadi mudah dan lama menjadi cepat dipersingkat.

Pada kesempatan yang sama, Bapak Wawan Gunawan selaku Kepala Bagian Sistim Informasi dan Kinerja menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi terkait penggunaan aplikasi e-kinerja dan memberikan pemahaman terkait cara menyusun target kinerja tahunan, bulanan dan harian.

Materi tatacara penggunaan aplikasi e-Kinerja disampaikan secara detail oleh narasumber dari BKN yaitu Bapak Irdian N Alexcandra dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab, pertanyaan yang disampaikan diantaranya bagaimana pengisian SKP untuk atasan yang berstatus pelaksana tugas (Plt) dan faktor apa yang mempengaruhi besaran rentang nilai SKP.

Selanjutnya sesi terakhir diisi dengan paparan oleh Kepala Sub Bagian Kinerja dan Penghargaan Biro SDM terkait tatacara menyusun target kinerja tahunan, bulanan dan harian. Dalam paparannya turut disampaikan bahwa paradigma yang berkembang bahwa nilai perilaku kerja harus linier selalu naik adalah tidak benar adanya, justru diharapkan nilai perilaku diberikan sesuai dengan realita perilaku pegawai sehingga dapat dijadikan sebagai instrumen pembinaan agar perilaku kerja pegawai menjadi lebih baik kedepannya.

(oleh: Ismail Sulaiman - Staf Sub Bagian Kinerja dan penghargaan)

Photos


SKP ekinerja prilaku360

Views: 15
Segala Bentuk Pelayanan Atau Urusan Di Lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Tidak Dipungut Biaya