Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional
Republik Indonesia

Biro Sumber Daya Manusia

Biro SDM

Pelaksanaan Uji Kompetensi bagi Pejabat Administrator sebagai syarat penyetaraan jabatan ke dalam jabatan fungsional​

Pada hari Rabu, 26 Agustus 2020 bertempat di Laboratorium Bahasa Pusdiklat Serpong, Kepala Biro Sumber Daya Manusia Sekretariat Kementerian/Sekretariat Utama Kemenristek/BRIN telah membuka kegiatan Uji Kompetensi tahap 1 bagi Pejabat administrator yang belum memenuhi persyaratan penyetaraan ke dalam jabatan fungsional. Dalam arahannya disampaikan bahwa kegiatan ini sebagai amanah dari PermenPANRB Nomor 28 Tahun 2019 ayat 9 disebutkan bahwa dalam hal pejabat administrasi yang kualifikasi pendidikannya belum memenuhi persyaratan penyetaraan maka wajib mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah yang bersangkutan sebelum diangkat dalam jabatan fungsional. Selain itu, juga wajib memiliki pendidikan sesuai persyaratan jabatan fungsional, untuk jabatan fungsional jenjang ahli madya yang mewajibkan minimal Pendidikan S1 paling lama 3 (tiga) tahun dan S2 paling lama 4 (empat) tahun sejak diangkat. Selain amanah MenPANRB, kegiatan uji kompetensi ini merupakan tindak lanjut surat dari MenPANRB Nomor B/424/M.SM.02.00/2020 tanggal 16 Juli 2020 perihal Persetujuan Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional di Lingkungan Kemenristek/BRIN.

Pelaksanaan uji kompetensi terbagi menjadi 2 (dua) tahap yaitu tahap 1 kegiatan pengisian portofolio dan penyusunan policy brief/makalah, dan tahap 2 kegiatan wawancara. Adapun peserta uji kompetensi, terdiri dari 9 (sembilan) orang peserta yang terdiri dari pejabat fungsional analis kebijakan madya 8 (delapan) orang dan pejabat analais SDM Aparatur Madya 1 (satu) orang. Untuk selanjutnya hasil pelaksanaan uji kompetensi tahap 1 akan diserahkan kepada Tim Penilai yang telah ditunjuk melalui SK Menteri Ristek/BRIN untuk diberikan penilaian.

Untuk pelaksanaan uji kompetensi tahap 2 yaitu kegiatan wawancara, dilaksanakan pada tanggal 1-2 September 2020 bertempat di Ruang Rapat Lt. 23 Gd. BJ. Habibie. Adapun Tim Penilai terdiri dari Mego Pinandito (Ketua Tim), Ismunandar (anggota), Ali Ghufron Mukti (anggota), M. Dimyati (anggota),dan Paulinne Pannen (anggota). Hasil uji kompetensi secara keseluruhan semua peserta dinyatakan lulus dan hasilnya dilaporkan kepada Menteri Ristek/BRIN sebagai dasar pelantikan ke dalam jabatan fungsional dan Kementerian PANRB selaku penanggung jawab kegiatan penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional.

Photos


uji kompetensi jft penyetaraan JFT

Views: 21
Segala Bentuk Pelayanan Atau Urusan Di Lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Tidak Dipungut Biaya